Welcome

Welcome.. ^_^ This is my world...

September 19, 2011

Metode Pembelajaran

Untuk memenuhi tugas dari dosen, kali ni aq ngpost tentang pembelajaran. Postingan ni juga bersumber dari sebuah situs .. Hehe.. Hanya sebagian metode pembelajaran yg ku posting di blog ini, kalo mau info yang lebih lengkapnya, silakan buka situs itu disini..


Macam-Macam Metode Pembelajaran


Ada banyak metode mengajar. Metode mengajar adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga proses belajar berjalan dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai.

Agar tujuan pengajaran tercapai sesuai dengan yang telah dirumuskan oleh pendidik, maka perlu mengetahui, mempelajari beberapa metode mengajar, serta dipraktekkan pada saat mengajar.
Salah satu metode tersebut adalah metode tanya jawab.

Bertanya dan menjawab kerap kali dilakukan orang apabila ada ketidaktahuan atau ketidakpahaman akan sesuatu peristiwa atau pemahaman. Dalam proses belajar mengajar tanya jawab dijadikan salah saru metode untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara guru bertanya pada peserta didik atau peserta didik bertanya pada guru.
Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam proses belajar mengajar melalui interaksi dua arah atau”two way traffics” dari guru ke peserta didik atau dari peserta didik kepada guru agar diperoleh jawaban kepastian materi melalui jawaban lisan guru atau peserta didik.
Dalam metode tanya jawab,guru dan peserta didik sama-sama aktif. Namun demikian keaktifan peserta didik patut mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh sehingga hal itu tidak harus bergantung pada keaktifan guru.
Tujuan Metode Tanya Jawab :
  • Mengecek dan mengetahui sampai sejauh mana kemampuan peserta didik trhadap pelajaran yang dikuasainya.
  • Memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan kepada guru tentang suatu masalah yang belum dipahami.
  • Memotivasi dan menimbulkan semangat belajar yaitu peserta didik yang aktif dan tepat menjawab lebih percaya diri dan berusaha untuk selalu lebih baik, dan peserta didik yang belum aktif atau tidak dapat menjawab dapat mempersiapkan diri dalam kesempurnaan lain.
  • Melatih peserta didik untuk berpikir kreatip dan berbicara secara sistematis dan sistemik serta berdasarkan pemikiran yang orisinil.
  • Metode tanya jawab tidak dimaksudkan untuk mengetest kemampuan siswa peserta didik mengerti, memahami, dan beriinteraksi secara aktif dalam PBM sehingga tujuan dapat dicapai dengan baik.
Kelebihan Metode Tanya Jawab :
  1. Dapat menarik dan memusatkan perhatian peserta didik terhadap pelajaran.
  2. Mengetahui kedudukan peserta didik dalam belajar di kelas dari aktivitas tanya jawab dan dati jawaban-kawaban seta tanggapan-tanggapan yang dilontarkan secara kontinyu.
  3. Lebih merangsang peserta didik untuk mendayagunakan daya pikir dan nalarnya.
  4. Menumbuhkan keberanian dalam mengemukakan jawaban.
  5. Pembuka jalan bagi proses belajar lain.
Kekurangan Metode Tanya Jawab :
  1. Pada kelas besar pertanyaan tidak dapat disebarkan kepada seluruh peserta didik, sehingga peserta didik tidak memiliki kesempatang yang sama untuk menjawab maupun bertanya.
  2. Peserta didik yang tidak aktif tidak mempertahankan bahkan tidak terlibat secara mental.
  3. Menimbulkan rasa gugup pada peserta didik yang tidak memiliki keberanian untuk bertanya dan menjawab.
  4. Dapat membuang waktu bila peserta didik responsive terhadap pertanyaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar